Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik dilihat dari Pengertiannya

Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik dilihat dari Pengertiannya

Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik dilihat dari Pengertiannya

Apa perbedaan sel prokariotik dan sel eukariotik? Dilihat dari strukturnya, sel dibedakan menjadi sel prokariotik dan sel eukariotik. Berdasarkan pembagian ini, kita nantinya akan mengenal jenis organisme prokariot dan organisme eukariot. Organisme prokariot berarti organisme yang tubuhnya tersusun dari sel-sel yang bersifat prokariotik. Dan sebaliknya organisme eukariot adalah organisme yang tersusun dari sel-sel yang bersifat eukariotik. Semua makhluk di dunia ini rata-rata masuk kedalam jenis eukoriot kecuali kingdom monera.

Baca : Contoh Klasifikasi Kingdom Monera

Pengertian Sel Prokariotik

Kata Prokariotik diambil dari bahasa Yunani  pro dan karyon. Pro memiliki arti sebelum dan karyon artinya inti sel. Jadi pengertian sel prokariotik adalah jenis sel yang memberan intinya tidak terdapat memberan nukleus atau selaput inti sel. Organisme seperti ini digolongkan pada jenis kingdom monera seperti bakteri dan ganggang biru.
Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik
Sel pada Bakteri

Pengertian Sel  Eukariotik

Eukariotik juga berasal dari bahasa Yunani  yaitu eu dan karyon. Eu artinya sebenarnya dan karyon artinya inti sel. Jadi sel aukariot adalah sel yang memiliki memberan nukleus (memberan inti). Memberan nukleus sendiri adalah  lapisan yang berfungsi memisahkan inti sel dari sitoplasma yang mengelilinginya. Membran ini tersusun dari lipoprotein yang sama seperti membran plasma, serta memiliki pori-pori yang memungkinkan beberapa macam substansi dapat melintasinya, baik dari dalam nukleus ke sitoplasma maupun sebaliknya. Lihat gambar sel eukariot di bawah ini:

 Sel Prokariotik dan eukariotik
Contoh Sel Eukariotik

Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel  Eukariotik

Dari pengertian-pengertian di atas tampak jelas perbedaan mendasar sel prokariotik dan sel eukariotik terletak pada ada dan tidak adanya memberan nukleus (memberan inti).  Namun dari perbedaan tersebut muncul perbedaan perbedaan lain sebagai berikut :

  1. Prokariot tidak memiliki inti sel (nukleus) yang sebenarnya seperti sel eukariotik. Inti sel pada prokariotik tercampur dalam sitoplasma
  2. Prokariotik memiliki DNA yang lebih sederhana dibandingkan DNA sel jenis eukariotik
  3. Prokariotik memiliki kromosom tunggal sedangkan eukariotik memiliki lebih dari satu kromosom
  4. Prokariotik hanya memiliki ekson dan tidak memiliki intron sedangkan eukariotik memiliki keduanya
  5. Prokariot memiliki operon yang tidak dimiliki eukariot
  6. Proses transkipsi dan translasi dapat terjadi secara simultan atau bersama-sama
  7. Proses transkipsi terjadi lebih sederhana dari eukariot
  8. Proses regulasi sintesis protein lebih sederhana dari eukariot

Pada dasarnya perbedaan sel prokariotik dan sel eukariotik terletak pada ada dan tidak adanya memberan nukleus (memberan inti)
Demikian perbedaan sel prokariotik dan sel eukariotik. Baca juga: Bagian Sel Hewan dan Fungsinya Bagian Sel Tumbuhan dan Fungsinya. Selamat belajar !

Tidak ada komentar

Advertiser